Home > Kegiatan > KEGIATAN MPLS SMK MITRA KARYA TAHUN 2019
Peserta MPLS SMK Mitra Karya mengikuti Senam Pagi

KEGIATAN MPLS SMK MITRA KARYA TAHUN 2019

Banyak yang bilang bahwa Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah ajang untuk saling mengenal satu sama lain. Ya mulai untuk kenal lebih dekat dengan almamater sekolahnya, saling kenal antar sesama siswa baru, kenalan dengan lingkungan di dalam sekolah seperti bengkel atau ruang praktek,laboratorium, ruang UKS dan lainnya, sampai menjalin keakraban dan tahu dengan kakak-kakak senior dan juga mengenal guru-gurunya.

Di hari ke dua, Selasa 16 Juli ini Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS) diawali dengan senam pagi bersama. Tampak bapak kepala sekolah SMK Mitra Karya, Drs. H. Dian Kadhar Mardiana, MM. dan ibu ketua yayasan, Dra. Hj. Nina Helmina MM., serta seluruh dewan guru mengikuti gerakan-gerakan senam aerobik nan apik dipandu oleh instruktur kawakan yang akrab disapa dengan pak Mame (Asep Syaiful Millah, S.Pd).

Senam Pagi para peserta MPLS dipandu Instruktur Senam dari ILDI
Guru-guru SMK Mitra Karya ikut senam pagi dengan peserta MPLS

Setelah bersenam ria dan mengeluarkan keringat, para peserta MPLS dipersilahkan untuk istirahat sejenak sambil mengisi waktu dengan makan snack dan minum. 

Agenda selanjutnya adalah masa perkenalan yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang dinamakan Garuda. Kelompok ini dibentuk oleh panitia dan diketuai oleh kakak-kakak senior anggota OSIS/POLSIS dan guru pamong. Masing-masing kelompok Garuda memiliki 2 guru pamong dan 1 kakak senior dari OSIS/POLSIS.Dalam agenda inilah tiba saatnya untuk saling mengenal lebih dekat antara guru dan siswa sehingga diharapkan dapat terjalin hubungan yang lebih dekat.

Saya selaku pamong garuda 4 bersama seorang rekan pamong lagi yaitu bu Muzi mulai memperkenalkan diri. Saya yang memulakan memaparkan jati diri, nama, alamat, hobi sampai makanan kesukaan. Lanjut dengan ibu Muzi yang menyampaikan biodatanya.  Eitts, selanjutnya bu Muzi dan saya sepakat membuat “games”biar lebih asyik dan mengajak siswa merasa lebih antusias dan “PD” alias percaya diri berbicara untuk memperkenalkan dirinya masing-masing. Caranya dengan permainan konsentrasi dengan menyebut nama makanan KAREDOK RENDANG.

Peserta MPLS SMK Mitra Karya bermain Games dipimpin oleh Pamong masing-masing

Kenapa memilih karedok dan rendang.? Kebetulan dua nama makanan itu diambil dari salah satu makanan kesukaan saya dan bu Muzi. Karedok adalah salah satu makanan favoritnya bu Muzi, sedangkan rendang adalah makanan yang saya sukai. Nah cara permainannya adalah dengan membuat lingkaran dan menolehkan wajah ke kanan dan kiri. Peserta diminta untuk memilih dengan menoleh ke kanan lalu menyebut “Karedok” atau menolehkan wajah ke kiri dan mengatakan “Rendang.” Nah, namanya juga permainan konsentrasi pasti ada yang terjebak dan salah menyebut dua nama makanan itu. Peserta yang salah dapat sanksi dengan mempersilahkannya untuk memperkenalkan dirinya lebih awal.Seru kan..!!

Perkenalan peserta MPLS SMK Mitra Karya dengan Pamong masing-masing

Selang satu jam di agenda keakraban, dilanjutkan dengan agenda berikutnya yang tak kalah menarik yaitu sesi motivasi yang bertajuk Terapi Edukasi.”Sesi ini dibawakan langsung oleh bapak kepala sekolah Drs. Dian Kadhar Mardiana, MM.Seluruh peserta MPLS mengikuti sesi ini di ruang aula Mitra dengan antusias dan penuh semangat.

Sesi Motivasi Training dari Kepala SMK Mitra Karya
Peserta MPLS sangat antusias mengikuti Motivasi Training

Dalam pemaparannya bapak kepala sekolah memberikan motivasi tentang pentingnya siswa-siswi SMK memilih sekolah kejuruan yang tepat dan memastikan bahwa mereka sudah benar memilih SMK Mitra Karya sebagai sekolah yang memiliki karakter disiplin yang tinggi agar mereka ke depannya memiliki bekal dan skill yang dibutuhkan oleh dunia industri.(Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us