Home > Kegiatan > Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di SMK Mitra Karya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di SMK Mitra Karya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. di SMK Mitra Karya

Assalamu’alaykum Mitra Mania! Alhamdulillah akhirnya kita tiba pada momen yang dinantikan yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.. Kali ini peringatan Maulid nabi diadakan pada hari Kamis, 12 Desember 2019.

Di atas karpet lebar yang terhampar luas di lapangan sekolah, seluruh dewan guru, bapak kepala sekolah, Drs. H. Dian Kadhar Mardiana, MM. dan ibu ketua yayasan, Dra. Hj. Nina Helmina, MM. serta semua siswa dan siswi SMK Mitra Karya dari kelas X hingga kelas XII duduk berkumpul menyaksikan berbagai penampilan (performance) yang dibawakan oleh grup marawis, paduan suara SMK Mitra Karya dan berbagai penampilan keren lainnya. Serta yang tak kalah bermaknanya pada setiap perayaan keagamaan adalah siraman rohani atau ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad  Mak’ruf Al Karkhi, seorang tokoh ulama yang sudah sangat familiar dan dikenal di wilayah Rengasdengklok.

Acara yang dimulai pada tepat pukul 07:00 pagi ini diawali dengan penampilan kelompok Marawis SMK Mitra Karya yang dipimpin oleh Bayu Laksmana dari kelas XII TKJ. Kelompok marawis ini mempersembahkan 2 buah lagu yang dibawakan dengan merdu dan memesona oleh duo vokalis andalan yaitu Imas Mashitoh dari kelas XI TKR dan Lutfiatus Syifa dari kelas X AP. Lagu yang dipilih adalah lagu yang berjudul “Man Ana” dan “Annabi Shollu Alaih” yang merupakan lagu yang sedang hits dan digemari oleh khalayak akhir-akhir ini.

Pada peringatan perayaan Maulid Nabi kali ini yang bertugas membawakan acara atau master of ceremony adalah duo Cahyadi dari kelas XII TKR dan Sevhia Oktaviana dari kelas XII TKR. Mereka berdua membawakan acara dengan menggunakan dwi bahasa yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Setelah penampilan marawis usai, dilanjutkan dengan MC yang mempersilahkan paduan suara SMK Mitra Karya untuk tampil membawakan lagu. Kelompok paduan suara tampak elegan dan kompak dengan dresscode batik yang bernuansa biru. Mereka membawakan dua buah lagu yang dipopulerkan oleh Nisa Sabian. Lagu yang dibawakan oleh tim padus ini terasa mendayu-dayu diiringi oleh semilir angin dingin yang berhembus pada pagi mendung itu.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al Qur’an. Yang bertugas pada kesempatan ini adalah Muhammad Khoirul Mukminin dari kelas XII TKR. Khoirul, begitu sapaan sehari-harinya memang dikenal sangat merdu dalam mengumandangkan adzan di saat-saat waktu sholat zuhur dan asar di masjid sekolah. Pada even perayaan Maulid nabi ini Khoirul terlihat begitu fokus dan khusyuk dalam melantunkan ayat suci Al Qur’an.

Sebelum acara inti, pembawa acara membacakan agenda selanjutnya yaitu penyampaian kata sambutan oleh bapak kepala SMK Mitra Karya, Drs. H. Dian Kadhar Mardiana, MM. Pada momen perayaan peringatan Maulid Nabi ini bapak kepala sekolah menghimbau kepada seluruh siswa agar kita semua senantiasa mencontoh dan memprakktekkan ajaran-ajaran yang sudah diajarkan oleh Rosululloh. Bapak kepala sekolah juga menghimbau agar dalam mempelajari agama hendaklah kita belajar pada ulama-ulama yang memang benar-benar memiliki ilmu agama yang mumpuni serta ditandai dengan ulama yang lulusan dari pesantren.

Akhirnya tibalah pada puncak acara yaitu penyampaian tausiah atau siraman rohani yang disampaikan oleh ustad Ma’ruf Al Karkhi. Ustad Ma’ruf nampak amat berwibawa dengan busana yang dikenakannya yaitu gamis putih yang terbalut jas berwarna hitam serta kopiah hitamnya yang amat khas. Dengan gaya penyampaian ceramahnya yang segar dan acapkali disisipi guyon dan canda tawa menambah semarak serta menarik perhatian seluruh jamaah yang hadir pada tausiah yang disampaikannya. Inti dari materi siraman rohani pada peringatan Maulid Nabi tahun ini adalah bahwa perayaan ini dilakukan untuk meneladani segala ajaran yang telah diberikan oleh junjungan Nabi Muhammad. Selain itu, ustad Ma’ruf mengingatkan agar kita selalu membaca sholawat nabi sebagai salah satu bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Meskipun cuaca mendung acara perayaan Maulid berakhir di saat yang tepat diiringi oleh terpaan angin berhembus serta rintik hujan gerimis. Seluruh siswa mulai beranjak dan membereskan karpet besar yang terhampar di lapangan sekolah. Semoga dari kegiatan peringatan hari besar keagamaan yang digelar kali ini kita semua dapat mengambil pelajaran dari apa-apa yang sudah diajarkan oleh Rosululloh Muhammad SAW., sehingga kita semua dapat menjadi insan yang berakhlakul karimah, amiiin. (Rep.Mitra, MSL)

2 Comments

  1. Sebuah karya yang sangat jurnalis yang sangat menarik dan dirangkai menjadi mebuah karya yang menakjubkan. Trima kasih mister, karya yang sanagt menarik dan bagus sekali 😁😊👍.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us